Senin, 01 September 2008

erepublik.com (belajar untuk menjadi citizen yang baik)

hmm, www.erepublik.com, merupakan sebuah website fantastis, sebuah web-based Game yang mengajarkan bagaimana kita menjadi seorang warga negara sebuah negara, mengajarkan apa yang dimaksud dengan bela negara. memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat baik meskipun baru versi beta, bagaimana kita dapat bekerja dan melatih diri kita agar kita memiliki kekuatan untuk siap dalam menghadapi peperangan dengan negara lain.

Erepublik memiliki 5 fitur utama, yaitu :
1. Society
bagaimana kita sebagai warga negara bisa bersosialisasi dengan warga lain, kita dapat mengatur profile kita dan menampilkan avatar kita, selain itu kita dapat berteman dengan warga lain, dan kita bisa menginvite (mengajak gabung) orang lain untuk bermain erepublik.

2. Economy
Sebagai warga negara yang harus memenuhi kebutuhan kita sehari2 yaitu makan, kita harus mendapatkan uang (IDR di eIndonesia), kita dapat mendapatkan IDR dengan cara bekerja, untuk bekerja kita dapat post CV atau dengan mengirimkan pesan kepada para General Manager perusahaan, untuk yang pertama kali bermain dapat mengirim pesan kepada perusahaan negara BUMN.
Selain itu kita juga dapat menjadi seorang General Manager, kita dapat membuat perusahaan sendiri dengan modal utama 40 Gold. Seorang general manager dapat melakukan perekrutan karyawan dengan melihat list dari CV yang telah dipostkan oleh warga.

3. Politicy
Yang menarik dari erepublik adalah bagaimana kita dapat bergabung dalam pemerintahan, kita dapat bergabung dengan suatu partai yang menjadi kendaraan politik kita untuk masuk ke dalam pemerintahan, kita dapat menjadi seorang congressman, mayor (Gubernur), bahkan seorang presiden. (Partai Rakyat Merdeka merupakan contoh partai besar di eIndonesia).

4. Military
kita dapat membela negara kita dari ancaman, atau bahkan menjadi pasukan perdamaian, kita dapat membantu negara lain yang terlibat perang dengan menjadi seorang tentara. kita dapat latihan tiap hari, latihan itu dibutuhkan untuk menambah Strength, sehingga ketika kita maju ke medan tempur, peluang kita untuk menang menjadi lebih besar.

5. Media
Bagi para citizen yang suka menulis dan ingin agar tulisan nya dibaca oleh warga lain, kita dapat membuat sebuah newspaper, dari newspaper itu kita dapat menulis sebuah artikel. perlu diperhatikan dalam menulis sebuah artikel HARUSLAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN EREPUBLIK, janganlah sekali-kali melakukan junk, karena anda dapat dilaporkan kepada admin, dan admin dapat memberikan anda permanent ban.

Ayo bermain erepublik, jika ada yang ingin bergabung komen artikel ini dengan menyertakan alamat email, sekian dan terima kasih.

1 komentar:

andrianirmala mengatakan...

hmm...
lumayan penjelasannyaa...
tp gw males maininnya...
hhahahaha...
:P