Rabu, 13 Oktober 2010

[Rekomendasi] Isabella




Ini bukan novel tentang lagu isabella yang dinyanyikan oleh st12, lagu cengeng kisah cinta dua dunia. Ini soal novel luar biasa, teologi, perbandingan agama dengan landasan ketuhanan.


Saya bukanlah pecinta novel. Saya bahkan tidak pernah membaca novel dalam 1-2 tahun belakangan ini. Apalagi novel yang hanya berisi cerita-cerita remaja atau pun cinta, seperti novel dengan judul musim-musim di berbagai kota dunia, "winter in tokyo" dan lain-lain. Jika di Indonesia mungkin akan dibuat judul "Dukuh in Palembang".

Novel karya Maulana Muhammad Saeed ini based on true story. Dikarang oleh penulis dalam Bahasa Urdu tetapi kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (1974) oleh Rahm Ali Al-Hashmi dengan judul ISABELLA dan diterjemahkan ke bahasa Melayu (1988) oleh Abdullah Hussain.

Isabella, adalah putri seorang ketua pendeta di cordova, seorang wanita yang sangat taat kepada kristus. Dikisahkan isabella yang mencari kebenaran akan Tuhan. 3 pembahasan yang paling menarik adalah tentang St Paul, Penebusan Dosa dan Ketuhanan Kristus.


Bukan novel biasa, ini adalah novel teologi, mengulas ketuhanan dengan dua dimensi keagamanaan. Adu argumentasi teologi yang sangat kuat dan juga menggambarkan ketinggian budaya manusia pada zaman itu.


Saya rekomendasikan novel ini untuk anda yang suka dengan teologi atau mungkin penasaran dengan ajaran agama islam dan kristian.



catatan N-Boy™

Tidak ada komentar: