Minggu, 14 November 2010

Diabetes Day


Sebagian orang di negeri miskin kebetulan memperoleh kesempatan menjadi makmur, kemudian berusaha tampil serupa dengan para majikan di negara maju. Celaka, bukan hanya menjadi pengguna produk hasil teknologi, tetapi juga meniru gaya hidup yang tidak sehat - dr. Arisman, MB M. Kes (Obesitas, DM, dan Dislipidemia)


Pola hidup, westernisasi membuat pola hidup orang indonesia mengalami degenerasi yang cukup signifikan. Makanan cepat saji, teknologi praktis, dan jarang berolahraga membuat permasalahan kesehatan di Indonesia semakin kompleks. Dahulu indonesia terkenal dengan penyakit infeksi, penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikrobiologi lain karena letaknya di zona tropis, namun belakangan ini, penyakit yang ada di Indonesia semakin beragam, Diabetes Mellitus, Penyakit yang dulu disebut penyakit orang di barat sana, mulai masuk ke Indonesia.

Diabetes Mellitus tipe 2, Penyakit ini bermanifestasi sebagai perasaan selalu haus (polidipsi), selalu ingin berkemih (poliuri), nafsu makan yang meningkat (polifagi). Penyakit ini diakibatkan resistensi reseptor insulin di jaringan yang mengakibatkan glukosa di dalam sirkulasi tidak dapat masuk ke jaringan. Glukosa penting untuk metabolisme energi, apabila glukosa tidak dapat masuk ke jaringan, maka tubuh akan mengalami gangguan metabolisme, energi tidak dihasilkan, koma, dan kemudian MATI.

Pola hidup di Indonesia mengalami kemunduran yang sangat parah, jika dahulu Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah penyakit yang menyerang individu pada usia 40 tahun, sekarang ini, anak berusia belasan tahun bisa mengalami DM tipe 2. Faktor genetik, obesitas, pola hidup, merokok, alkohol, kurang berolahraga, dan lain-lain. Anak Indonesia mulai mengenal teknologi, anak Indonesia tidak lagi menyukai bermain bola di lapangan tetapi lebih menyukai bermain game sepak bola di console game. Akibat-akibat dari teknologi membuat tubuh tidak lagi bergerak normal, terjadi ketidakseimbangan energi masuk dan keluar. Hasil akhirnya : DM

Cegah DM dengan mengubah pola hidup, olahraga teratur, makan makanan yang sehat, bukan makanan instan, tidur secukupnya, keseimbangan energi, itu kuncinya.




Catatan N-Boy™

Tidak ada komentar: