Selasa, 23 November 2010

Hamlan Hazim Nugraha (nugrahaboy)

Hamlan Hazim Nugraha. Sebuah karunia yang mandiri dan kritis

Namaku Hamlan Hazim Nugraha. Aku tidak tahu apa wujudku, secara real aku bukanlah manusia, aku hanyalah tokoh imajiner dari sahabatku. Buah pemikiran sahabatku yang fantastis. Aku adalah sosok yang didesain sebaik mungkin, dengan tujuan memuaskan hasrat intelektual dan sosial dari sahabatku. Aku adalah back-up dan pemberi nasehat. Ketika sahabatku memiliki alur pikir yang melenceng, akulah yang bertugas meluruskannya. Sehingga aku tidak merasa hanya sekadar tokoh imajiner, sewaktu-waktu aku adalah sahabatku. Panggil aku, nugrahaboy.


Hamlan Hazim. Hamlan artinya berdiri sendiri (mandiri) dan terminologi Hazim memiliki makna berpikiran kritis. Tuntutan sang pemberi nama agar aku menjadi sosok seperti itu. Mandiri dan kritis.

Aku tahu dan mengerti mengapa sahabatku menginginkan aku untuk menjadi mandiri. Sahabatku bukan orang yang berlebihan dalam bersosialisasi, ia berteman dengan beberapa orang namun tidak ingin terlalu akrab sehingga memiliki ketergantungan. Ia merasa harus dapat melakukannya sendiri. Ia ingin menjadi sosok yang supermandiri. Better to trust no people than hurt by someone you trust. Bukan tidak menghargai atau membuang makna persahabatan, there's a big reason behind that cant be shared.
Bahkan saat ini sahabatku pergi jauh ke suatu daerah, tanpa keluarga dan sanak famili di sana. Sendirian. Hal ini menuntutku untuk menjadi mandiri (Hamlan), untuk membantu sahabatku disana.Stress psikis dan fisik yang sangat luar biasa dihadapi oleh sahabatku di sana, aku bertugas menjaga homeostasis sahabatku.

Hazim, berpikiran kritis. Sahabatku adalah orang yang bodoh, ceroboh dan tidak teliti. Namun ia memiliki sebuah keinginan besar, berperan sebagai manusia dan rakyat Indonesia. Berpikiran kritis tidak dimaknai secara general. Hanya untuk beberapa bidang. Entah sejak kapan sahabatku memiliki ambisi (passion) di bidang sosial politik. Meski begitu, ia tidak ingin orang beranggapan bahwa itu disebabkan karena ia adalah mahasiswa. Baginya orang yang kritis dengan dalih "saya mahasiswa" hanyalah orang arogan.
Jauh sebelum ia menjadi mahasiswa ia tertarik di bidang ini. Aku pernah ditugaskan untuk memainkan peran di sebuah game fantastis erepublik sebagai seorang politisi. Cita-cita sahabatku untuk menjadi anggota DPR komisi IX, komisi yang membidangi kesehatan. Keinginan sahabatku untuk masuk ke institusi bobrok di negeri ini dan memperbaikinya dari dalam kelak. Pemikiran kritis sangat dibutuhkan untuk memperbaiki semua yang salah di negeri ini. Anggaran Kesehatan minimum, Ketidakpedulian terhadap orang miskin dengan jargon "orang miskin dilarang sakit", Kriminalisasi profesi dokter, dan beberapa tujuan lain ingin diwujudkan. Acapkali ia beranggapan bahwa ini terlalu suci dan pandangan orang terhadap dirinya akan negatif. Aku, nugrahaboy akan menjaganya.

Sahabatku masih berada dalam tahap pendewasaan diri, emosi yang masih labil, tahap adolsensi. Aku, nugrahaboy (Hamlan Hazim Nugraha), bertugas untuk menjaga, menjadi stabilizer, penjaga homeostasis dari stress fisik dan psikis. Sahabat terbaik dari Hafiz Hari Nugraha.




catatan N-Boy™

Tidak ada komentar: